Minggu, 04 Januari 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SatuanPendidikan : SMANegeri1 Muntilan Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Pokok : Iman Kepada Hari Akhir Kelas/Semester : XII / 1 Alokasi Waktu : 1x20 menit



SatuanPendidikan     : SMANegeri1 Muntilan
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi Pokok             : Iman Kepada Hari Akhir
Kelas/Semester          : XII / 1
Alokasi Waktu           : 1x20 menit

  I.            Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

    II.            Kompetensi Dasar dan dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
2.5 Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.
            3.3.1.  Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir.
            3.3.2.  Menyebutkan macam-macam dan tanda-tanda  hari akhir.
            3.3.3.  Menjelaskan kehidupan setelah hari akhir.
            3.3.4.  Menjelaskan hikmah iman kepada hari akhir.
            3.3.5.  Merumuskan caraberperilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.


 III.            Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi perkembangan Islam di Indonesia dengan menggunakan strategi Mind Map dan Quiz Eat Bulaga (Indonesia Pintar) , siswa diharapakan:
1.      Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir.
2.      Menyebutkan macam-macam hari akhir.
3.      Menyebutkan tanda-tanda sebelum datangnya  hari akhir.
4.      Menjelaskan kehidupan setelah hari akhir.
5.      Menjelaskan hikmah iman kepada hari akhir.
6.      Merumuskan cara berperilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.

 IV.            Materi Pembelajaran
1.         Pengertian iman kepada hari akhir.
2.         Macam-macam hari akhir
3.         Tanda-tanda sebelum datangnya hari akhir.
4.         Kehidupan manusia setelah hari akhir.
5.         Hikmah iman kepada hari akhir.
6.         Cara berperilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir.

    V.            Metode Pembelajaran
1.      Lecturing
2.      Mind Map
3.      Quiz Eat Bulaga (Indonesia Pintar)

 VI.            Media Pembelajaran
1.      Power point
2.      Kertas
3.      Spidol/Boardmarker
4.      Al Qur’an Digital

VII.            Sumber Belajar
1.      Al kahfi.2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII semester I. Semarang: CV. Manunggal Jaya Semarang.



VIII.            Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Karakter
Strategi
Pendahuluan
·         Guru mengucapkansalam kepada siswa dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
·         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa tentang Iman kepada hari akhir.
·         Siswa diberikan apersepsi dengan ditanya guru tentang iman kepada hari akhir.
·         Siswa memperhatikan guru menyampaikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa.

2 menit
Religius
Lecturing
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa mengamati dan memperhatikan materi tentang iman kepada hari akhir yang disampaikan oleh guru di depan kelas menggunakan power point.
·         Siswa mendengarkan uraian dan penjelasan guru tentang iman kepada hari akhir.
·         Siswa membaca secara bersama-sama dalil Al Quran yang berhubungan dengan hari akhir.
Menanya
·         Siswa mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi iman kepada hari akhir dengan motivasi yang diberikan oleh guru untuk bertanya.
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang materi iman kepada hari akhir.
Mencoba
·         Siswa mencoba menjawab pertanyaan dengan mencari di dalam buku atau sumber pembelajaran lainnya.
·         Siswa membagi diri menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru.
Menalar
·         Siswa diperintahkan oleh guru untuk membuat mind map tentang materi iman kepada hari akhir.
·         Siswa yang kelompok pertama membahas tentang (pengertian iman kepada hari akhir, macam-macam hari akhir, kehidupan manusia setelah hari akhir) dan kelompok yang kedua membahas tentang (Tanda tanda datangnya hari akhir dan hikmah beriman kepada hari akhir).
Mengkomunikasikan
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan membuat stand kelompok.
·         Dalam satu kelompok dibagi menjadi 2 (dua), setengah dari kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi dan setengah dari kelompoknya lagi mendengarkan presentasi dari kelompok lainnya.
·         Saat mendengarkan presentasi dari kelompok lain dapat saling bertanya apabila ada yang belum dipahami.
·         Siswa kembali ke kelompoknya masing-masing dan saling menjelaskan apa yang telah di dapat dari penjelasan kelompok lain.
·         Siswa mendengarkan tanggapan dan penjelasan dari guru terhadap hasil diskusi yang kurang tepat dan kurang lengkap.













10 menit

Gemar membaca







Rasa ingin tahu







Disiplin














Kerja keras






Rasa ingin tahu

Lecturing





Reading aloud















Mind Map




















Kegiatan Akhir
·         Siswa melakukan Quiz Eat Bulaga (Indonesia Pintar), setiap kelompok menyiapkan 2 orang untuk mengikuti quiz ini.
·         Secara bergantian dengan dimulai dari kelompok pertama kemudia disusul kelompok kedua.
·         Kelompok yang mampu menjawab lebih banyak dari kelompok lain maka akan terbebas dari tugas meresume atau meringkas materi iman kepada hari akhir yang akan diberikan oleh guru.
·         Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran.
·         Siswa mendengarkan umpan balik dari guru atas proses dan hasil pembelajaran.
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tugas yang diberikan guru kepada kelompok yang kalah dalam quiz eat bulaga.
·         Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.








8 menit

Kerja keras














Religius


Quiz Eat Bulaga












Lecturing


 IX.            Penilaian Hasil Pembelajaran
·         TenikPenilaian :
PengamatandanTugaskelompok
·         BentukPenilaian :
IsiansingkatdanUraian
·         Instrumen :
1.    Jelaskanpengertian iman kepada hari akhir ?
2.    Sebutkandan jelaskan macam-macam hari akhir ?
3.    Sebutkan Tanda tanda sebelum datangnya hari akhir ?
4.    Apa yang dimaksud dengan yaumul ba’ats?
5.    SebutkanHikmah beriman kepada hari akhir ?
·         Jawaban:
1.      Berimankepadahariakhirartinyameyakinidengansepenuhhatibahwaakanadakehidupan yang kekalabadisetelahhancurnyaalamsemestaini. Dimanamanusiaakanmendapatbalasan yang seadil-adilnyaatassemuaamal yang pernahdilakukanketikahidupdidunia.
2.      Kiamatsughroadalahberakhirnyakehidupansetiapmakhluk yang bernyawaataurusaknyasebagianalamini. Sepertimati, gempabumi, gunungmeletusdansebagainya.
Kiamat kubro adalah berakhirnya seluruh kehidupan makhluk di alam ini secara serempak atauu hancurnya alam beserta isinya dan merupakan awal memasuki alam akhirat.
3.      Terbitnyamataharidariarahbarat.
Munculnyabinatanganeh yang dapatdisaksikanmanusiapadawaktupagi (Dhuha).
Dicabutnyailmudenganmewafatkanpara ‘Ulama.
KeluarnyaDajjal yang melanglangbuanamencariteman.
DatangnyaYa’jujdanMa’jud.
Perzinaanterjadidimana-mana.
Lenyapnya Al Quran darihatiManusia.
4.      Yaumulba’ats, yaituharidibangkitkanyamanusiadarialamkubur.
5.      Memperkuatkeyakinanbahwa Allah SWT adalahDzat Yang MahaKuasadanMahaAdil.
MendorongManusia agar bertindakdenganpenuhtanggungjawab.
Memilikipandangan yang optimis.
Memberikandorongankepadamanusiauntukmembiasakandiridenganperilaku yang terpujidanmenjauhkandiridariperilakutercela.
Terciptanyakehidupan yang salehdalammasyarakat.
·         LembarPenilaian

No

NamaSiswa/kelp
Aspekpenilaian
JumlahSkor
Nilai
Catatan
Ketepatanjawaban
Disiplinwaktu
Kerjasama
Bekerjasistematis
01








02








03








04








05








Skor maximum : 20

Petunjukpenilaian.
1.     Kolom diisi dengan angka sesuai kriteria :                    1. skorpenilaian :
Ø  1 : sangatkurang                                             - nilai 18 – 20 berartiamatbaik
Ø  2 : kurang                                                       - nilai 14 – 17 berartibaik
Ø  3 : sedang                                                       - nilai 10 – 13 berartisedang
Ø  4 : baik                                                           - nilai  6 -   9 berartikurang
Ø  5 : amatbaik                                                   - nilai  0 -  5 berartisangatkurang

Yogyakarta, 28 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran


Prof. Dr. H. Maragustam, M.A                                                       Guntur Satria Jati
NIP:                                                                                                          NIM: 11410058
ImanKepadaHariAkhir
A.    PengertianImankepadahariAkhir
Hariakhiradalahhariberakhirnyaseluruh proses kehidupanmakhluk di duniaini. Setelahsemuamakhlukmatimerekaakanmemasukialambaru yang disebutakhirat. Berimankepadahariakhirartinyameyakinidengansepenuhhatibahwaakanadakehidupan yang kekalabadisetelahhancurnyaalamsemestaini. Dimanamanusiaakanmendapatbalasan yang seadil-adilnyaatassemuaamal yang pernahdilakukanketikahidupdidunia. Berimankepadahariakhirmerupakanciri-cirimuttaqin, sebagaimanafirman Allah SWT sebagaiberikut:
Artinya: “Dan mereka yang berimankepadakitab (Al-Qur’an) yang telahditurunkankepadamudanKitab-kitab yang telahditurunkansebelummu, sertamerekayakinakanadanya (kehidupan) akhirat”. (Al-Baqarah: 4)
B.     Macam-macamhariakhir
1.      KiamatSughro (kiamatkecil)
Kiamatsughroadalahberakhirnyakehidupansetiapmakhluk yang bernyawaataurusaknyasebagianalamini.Sepertimati, gempabumi, gunungmeletusdansebagainya.
2.      KiamatKubro (KiamatBesar)
Kiamatkubroadalahberakhirnyaseluruhkehidupanmakhluk di alaminisecaraserempakatauuhancurnyaalambesertaisinyadanmerupakanawalmemasukialamakhirat.

C.    KehidupanManusiasetelahhariAkhir
1.      Yaumulba’ats, yaituharidibangkitkanyamanusiadarialamkubur.
2.      YaumulMahsyar, yaituharidimanadikumpulkannyamanusia di padangmahsyar.
3.      YaumulHisab, yaituhariperhitungannyasegalaamaldanperbuatanmanusiaselamahidup di dunia.
4.      YaumulMizan, yaituharipenimbanganamalmanusiauntukdiketahuisecarapastitimbanganamalbaikdanamalburuknya.
5.      SurgadanNeraka, bagi orang yang berimandanbanyakberamalshalehakanmendapatkanbalasanberupasurga yang penuhkenikmatandankebahagiaan. Adapun orang orangkafir, durhakadancelakatempatnya di dalamneraka yang penuhkesengsaraan.



D.    Tanda-tandaSebelumDatangnyaHariAkhir.
1.      Terbitnyamataharidariarahbarat.
2.      Munculnyabinatanganeh yang dapatdisaksikanmanusiapadawaktupagi (Dhuha).
3.      Dicabutnyailmudenganmewafatkanpara ‘Ulama.
4.      KeluarnyaDajjal yang melanglangbuanamencariteman.
5.      DatangnyaYa’jujdanMa’jud.
6.      Perzinaanterjadidimana-mana.
7.      Lenyapnya Al Quran darihatiManusia.
8.      Tidakadanyasuaraadzandanlainsebagainya.

E.     HikmahberimankepadahariAkhir.
1.      Memperkuatkeyakinanbahwa Allah SWT adalahDzat Yang MahaKuasadanMahaAdil.
2.      MendorongManusia agar bertindakdenganpenuhtanggungjawab.
3.      Memilikipandangan yang optimis.
4.      Memberikandorongankepadamanusiauntukmembiasakandiridenganperilaku yang terpujidanmenjauhkandiridariperilakutercela.
5.      Terciptanyakehidupan yang salehdalammasyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar