SatuanPendidikan : SMANegeri1 Muntilan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi Pokok :
Iman Kepada Hari Akhir
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu :
1x20 menit
I.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai dengan kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi Dasar dan dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan
kepada hari akhir
2.5 Menunjukkan sikap mawas
diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari
akhir
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.
3.3.1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari
akhir.
3.3.2. Menyebutkan macam-macam dan tanda-tanda hari akhir.
3.3.3. Menjelaskan kehidupan setelah hari akhir.
3.3.4. Menjelaskan hikmah iman kepada hari akhir.
3.3.5.
Merumuskan caraberperilaku yang
mencerminkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari
materi perkembangan Islam di Indonesia dengan menggunakan
strategi Mind Map dan Quiz Eat Bulaga (Indonesia Pintar) , siswa diharapakan:
1.
Menjelaskan
pengertian iman kepada hari akhir.
2.
Menyebutkan
macam-macam hari akhir.
3.
Menyebutkan
tanda-tanda sebelum datangnya hari
akhir.
4.
Menjelaskan
kehidupan setelah hari akhir.
5.
Menjelaskan
hikmah iman kepada hari akhir.
6.
Merumuskan
cara berperilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan
sehari-hari.
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian iman kepada hari akhir.
2.
Macam-macam hari akhir
3.
Tanda-tanda sebelum datangnya hari akhir.
4.
Kehidupan manusia setelah hari akhir.
5.
Hikmah iman kepada hari akhir.
6.
Cara berperilaku yang mencerminkan iman kepada
hari akhir.
V.
Metode Pembelajaran
1. Lecturing
2. Mind Map
3. Quiz Eat Bulaga
(Indonesia Pintar)
VI.
Media Pembelajaran
1. Power point
2. Kertas
3. Spidol/Boardmarker
4. Al Qur’an Digital
VII.
Sumber Belajar
1. Al kahfi.2013.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII semester I. Semarang: CV.
Manunggal Jaya Semarang.
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Karakter
|
Strategi
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkansalam kepada siswa dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
·
Guru menyampaikan materi yang
akan diajarkan kepada siswa tentang Iman kepada hari akhir.
·
Siswa diberikan apersepsi
dengan ditanya guru tentang iman kepada hari akhir.
·
Siswa memperhatikan guru menyampaikan penjelasan
mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa.
|
2 menit
|
Religius
|
Lecturing
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
Siswa mengamati dan memperhatikan materi
tentang iman kepada hari akhir yang disampaikan oleh guru di depan kelas
menggunakan power point.
·
Siswa mendengarkan uraian dan penjelasan guru
tentang iman kepada hari akhir.
·
Siswa membaca secara bersama-sama dalil Al
Quran yang berhubungan dengan hari akhir.
Menanya
·
Siswa mengajukan beberapa pertanyaan tentang
materi iman kepada hari akhir dengan motivasi yang diberikan oleh guru untuk
bertanya.
·
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi
iman kepada hari akhir.
Mencoba
·
Siswa mencoba menjawab pertanyaan dengan
mencari di dalam buku atau sumber pembelajaran lainnya.
·
Siswa membagi diri menjadi 2 kelompok sesuai
dengan perintah guru.
Menalar
·
Siswa diperintahkan oleh guru untuk membuat
mind map tentang materi iman kepada hari akhir.
·
Siswa yang kelompok pertama membahas tentang
(pengertian iman kepada hari akhir, macam-macam hari akhir, kehidupan manusia
setelah hari akhir) dan kelompok yang kedua membahas tentang (Tanda tanda
datangnya hari akhir dan hikmah beriman kepada hari akhir).
Mengkomunikasikan
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya dengan membuat stand kelompok.
·
Dalam satu kelompok dibagi menjadi 2 (dua),
setengah dari kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi dan setengah dari
kelompoknya lagi mendengarkan presentasi dari kelompok lainnya.
·
Saat mendengarkan presentasi dari kelompok lain
dapat saling bertanya apabila ada yang belum dipahami.
·
Siswa kembali ke kelompoknya masing-masing dan
saling menjelaskan apa yang telah di dapat dari penjelasan kelompok lain.
·
Siswa mendengarkan tanggapan dan penjelasan
dari guru terhadap hasil diskusi yang kurang tepat dan kurang lengkap.
|
10 menit
|
Gemar membaca
Rasa ingin tahu
Disiplin
Kerja keras
Rasa ingin tahu
|
Lecturing
Reading aloud
Mind Map
|
Kegiatan Akhir
|
·
Siswa melakukan Quiz Eat Bulaga (Indonesia
Pintar), setiap kelompok menyiapkan 2 orang untuk mengikuti quiz ini.
·
Secara bergantian dengan dimulai dari kelompok
pertama kemudia disusul kelompok kedua.
·
Kelompok yang mampu menjawab lebih banyak dari
kelompok lain maka akan terbebas dari tugas meresume atau meringkas materi
iman kepada hari akhir yang akan diberikan oleh guru.
·
Secara bersama siswa dan guru menyusun
kesimpulan pembelajaran.
·
Siswa mendengarkan umpan balik dari guru atas
proses dan hasil pembelajaran.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
tugas yang diberikan guru kepada kelompok yang kalah dalam quiz eat bulaga.
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan
mengucapkan salam.
|
8 menit
|
Kerja keras
Religius
|
Quiz Eat Bulaga
Lecturing
|
IX.
Penilaian Hasil Pembelajaran
·
TenikPenilaian :
PengamatandanTugaskelompok
·
BentukPenilaian :
IsiansingkatdanUraian
·
Instrumen :
1.
Jelaskanpengertian iman kepada hari akhir ?
2.
Sebutkandan jelaskan macam-macam hari akhir ?
3.
Sebutkan Tanda tanda sebelum datangnya hari akhir ?
4.
Apa yang dimaksud dengan yaumul ba’ats?
5.
SebutkanHikmah beriman kepada hari akhir ?
·
Jawaban:
1.
Berimankepadahariakhirartinyameyakinidengansepenuhhatibahwaakanadakehidupan
yang kekalabadisetelahhancurnyaalamsemestaini. Dimanamanusiaakanmendapatbalasan
yang seadil-adilnyaatassemuaamal yang pernahdilakukanketikahidupdidunia.
2. Kiamatsughroadalahberakhirnyakehidupansetiapmakhluk
yang bernyawaataurusaknyasebagianalamini. Sepertimati, gempabumi,
gunungmeletusdansebagainya.
Kiamat kubro adalah berakhirnya seluruh kehidupan makhluk
di alam ini secara serempak atauu hancurnya alam beserta isinya dan merupakan
awal memasuki alam akhirat.
3. Terbitnyamataharidariarahbarat.
Munculnyabinatanganeh
yang dapatdisaksikanmanusiapadawaktupagi (Dhuha).
Dicabutnyailmudenganmewafatkanpara
‘Ulama.
KeluarnyaDajjal
yang melanglangbuanamencariteman.
DatangnyaYa’jujdanMa’jud.
Perzinaanterjadidimana-mana.
Lenyapnya
Al Quran darihatiManusia.
4. Yaumulba’ats,
yaituharidibangkitkanyamanusiadarialamkubur.
5. Memperkuatkeyakinanbahwa
Allah SWT adalahDzat Yang MahaKuasadanMahaAdil.
MendorongManusia
agar bertindakdenganpenuhtanggungjawab.
Memilikipandangan
yang optimis.
Memberikandorongankepadamanusiauntukmembiasakandiridenganperilaku
yang terpujidanmenjauhkandiridariperilakutercela.
Terciptanyakehidupan
yang salehdalammasyarakat.
·
LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa/kelp
|
Aspekpenilaian
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
Catatan
|
|||
Ketepatanjawaban
|
Disiplinwaktu
|
Kerjasama
|
Bekerjasistematis
|
|||||
01
|
|
|
|
|
|
|
|
|
02
|
|
|
|
|
|
|
|
|
03
|
|
|
|
|
|
|
|
|
04
|
|
|
|
|
|
|
|
|
05
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor maximum : 20
|
Petunjukpenilaian.
1.
Kolom diisi dengan angka sesuai kriteria : 1. skorpenilaian :
Ø
1 : sangatkurang -
nilai 18 – 20 berartiamatbaik
Ø
2 : kurang -
nilai 14 – 17 berartibaik
Ø
3 : sedang -
nilai 10 – 13 berartisedang
Ø
4 : baik -
nilai 6 - 9 berartikurang
Ø
5 : amatbaik -
nilai 0 - 5 berartisangatkurang
Yogyakarta,
28 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Prof. Dr. H. Maragustam, M.A Guntur
Satria Jati
NIP: NIM: 11410058
ImanKepadaHariAkhir
A. PengertianImankepadahariAkhir
Hariakhiradalahhariberakhirnyaseluruh
proses kehidupanmakhluk di duniaini. Setelahsemuamakhlukmatimerekaakanmemasukialambaru
yang disebutakhirat.
Berimankepadahariakhirartinyameyakinidengansepenuhhatibahwaakanadakehidupan
yang kekalabadisetelahhancurnyaalamsemestaini. Dimanamanusiaakanmendapatbalasan
yang seadil-adilnyaatassemuaamal yang pernahdilakukanketikahidupdidunia.
Berimankepadahariakhirmerupakanciri-cirimuttaqin, sebagaimanafirman Allah SWT
sebagaiberikut:
Artinya: “Dan mereka
yang berimankepadakitab (Al-Qur’an) yang telahditurunkankepadamudanKitab-kitab
yang telahditurunkansebelummu, sertamerekayakinakanadanya (kehidupan) akhirat”.
(Al-Baqarah: 4)
B. Macam-macamhariakhir
1. KiamatSughro
(kiamatkecil)
Kiamatsughroadalahberakhirnyakehidupansetiapmakhluk
yang bernyawaataurusaknyasebagianalamini.Sepertimati, gempabumi,
gunungmeletusdansebagainya.
2. KiamatKubro
(KiamatBesar)
Kiamatkubroadalahberakhirnyaseluruhkehidupanmakhluk
di
alaminisecaraserempakatauuhancurnyaalambesertaisinyadanmerupakanawalmemasukialamakhirat.
C. KehidupanManusiasetelahhariAkhir
1. Yaumulba’ats,
yaituharidibangkitkanyamanusiadarialamkubur.
2. YaumulMahsyar,
yaituharidimanadikumpulkannyamanusia di padangmahsyar.
3. YaumulHisab,
yaituhariperhitungannyasegalaamaldanperbuatanmanusiaselamahidup di dunia.
4. YaumulMizan,
yaituharipenimbanganamalmanusiauntukdiketahuisecarapastitimbanganamalbaikdanamalburuknya.
5. SurgadanNeraka,
bagi orang yang berimandanbanyakberamalshalehakanmendapatkanbalasanberupasurga
yang penuhkenikmatandankebahagiaan. Adapun orang orangkafir,
durhakadancelakatempatnya di dalamneraka yang penuhkesengsaraan.
D. Tanda-tandaSebelumDatangnyaHariAkhir.
1. Terbitnyamataharidariarahbarat.
2. Munculnyabinatanganeh
yang dapatdisaksikanmanusiapadawaktupagi (Dhuha).
3. Dicabutnyailmudenganmewafatkanpara
‘Ulama.
4. KeluarnyaDajjal
yang melanglangbuanamencariteman.
5. DatangnyaYa’jujdanMa’jud.
6. Perzinaanterjadidimana-mana.
7. Lenyapnya
Al Quran darihatiManusia.
8. Tidakadanyasuaraadzandanlainsebagainya.
E. HikmahberimankepadahariAkhir.
1. Memperkuatkeyakinanbahwa
Allah SWT adalahDzat Yang MahaKuasadanMahaAdil.
2. MendorongManusia
agar bertindakdenganpenuhtanggungjawab.
3. Memilikipandangan
yang optimis.
4. Memberikandorongankepadamanusiauntukmembiasakandiridenganperilaku
yang terpujidanmenjauhkandiridariperilakutercela.
5. Terciptanyakehidupan
yang salehdalammasyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar